Jumat, 06 November 2015

Jenis- Jenis Seni Rupa


Jenis-Jenis Seni Rupa
  • Seni rupa murni (fine art) ialah seni rupa yang lebih menitikberatkan pada ekspresi jiwa seperti hasil karya lukis / lukisan. Karya seni rupa murni tercipta dengan kebebasan tanpa memperhitungkan fungsi dan manfaatnya. Jadi, para seniman menciptakan karya-karya seni dengan bebas dan mengekspresikan isi hati / seluruh gagasannya. Karya seni ini berfungsi sebagai sarana fungsi individual. Contoh jenis karya seni rupa ini seperti : seni grafik, lukis, seni patung dan lain sebagainya.
    Pengertian Seni Rupa Dan Jenis-Jenisnya Terlengkap
  • Seni rupa terapan (applied art) ialah seni rupa dimana proses pembuatannya memiliki fungsi dan tujuan tertentu seperti seni kriya. Karya seni rupa terapan selain mempertimbangkan unsur-unsur estetika juga diciptakan untuk bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh jenis karya seni rupa ini seperti : reklame, seni bangunan, kendaraan, seni taman, ilustrasi, seni kerajinan, tata rias, seni busana, batik dan lain sebagainya. Karya seni terapan ini bisa berfungsi sebagai sarana fungsi sosial.
Ada beberapa jenis seni rupa yaitu sebagai berikut :
  • Seni lukis,merupakan pengembangan dari menggambar yang lebih lengkap dan lebih utuh.
  • Seni grafis, merupakan cabang seni dimana pembuatannya menggunakan alat atau teknik cetak yang umumnya dan biasanya diatas kertas seperti pada poster &  sablon.
  • Seni kriya, merupakan seni dua dimensi dimana karya seni ini lebih menekankan pada ketrampilan tangan seperti contoh : batik, hiasan dinding, parabot, keramik, dls.
  • Seni ilustrasi, merupakan seni menggambar sebagai hasil visualisasi dari tulisan untuk menerangkan, menyampaikan, menghiasi / memudahkan pembaca untuk memahami suatu cerita, tulisan, maupun informasi lainnya. Seperti contoh komik & karikatur.
  • Seni patung
     seni rupa yang hasil karyanya berbentuk tiga dimensi. Biasanya dikerjakan dengan cara memahat / casting (dengan menggunakan cetakan).
Sumber : http://www.seputarpengetahuan.com/2015/06/pengertian-seni-rupa-dan-jenis-jenisnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasi Karya Seni

Apresiasi dan Ekspresi Karya Seni Rupa Terapan A. Apresiasi Keunikan Gagasan dan Teknik dalam Karya Seni Rupa Terapan 1. Pengertian...